Minggu, 28 Juni 2009

PROBLEMATIKA KITA

  • Pendidikan adalah salah satu pilar kehidupan bangsa.Masa depan bangsa bisa diketahui melalui semana komitmen masyarakat,bangsa atau negara dalam menyelenggarakan pendidikan nasional.
  • Pengetahuan bukanlah hal yang statis dan deterministik, tetapi suatu proses menjadi tahu.
  • Pengetahuan merupakan hasil kontruksi (bentuk) kita Sendiri.
  • Pengetahuan bukanlah suatu imitasi dan kenyataan (realitas).
  • Pengetahuan bukanlah suatu gambaran dari dunia kenyataan yang ada.
  • Pengetahuan selalu merupakan akibat dari suatu kontruksi kognitif dari kenyataan yang terjadi dari serangkaian aktifitas seseorang. ]]
  • Siswa membentuk skema, kategori, konsep dan struktur pengetahuan yang diperlukan untuk pengetahuan.
    nSemua pengetahuan yang kita peroleh merupakan hasil kontruksi kita sendiri,
    nMaka sangat kecil kemungkinannya adalah transfer pengetahuan dari seseorang kepada orang lain,
    nsetiap orang membangun pengetahuannya sendiri, sehingga trasfer pengetahuan (seperti menuangkan air ke ember kosong) adalah sangat mustahil terjadi.
    nPengetahuan bukanlah suatu barang yang dapat ditransfer dari orang yang mempunyai pengetahuan kepada orang yang belum mempunyai pengetahuan.
    nBahkan bila seorang guru bermaksud mentransfer konsep, ide, dan pengetahuannya kepada siswa, pemindahan itu harus di interprestasikan, di trasformasikan dan di kontruksikan oleh siswa lewat pengalamannya.
    nBanyak siswa yang salah menangkap apa yang diajarkan oleh guru, menunjukan bahwa pengetahuan kita tidak dapat begitu saja di pindahkan melainkan harus di kontruksikan atau di interprestasikan dan di transformasikan sendiri oleh siswa.

    Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan potensi peserta didik (siswa) agar menjadi manusia yang dicita-citakan, yang dilakukan secara sadar dan terencana.
    uDalam proses pembelajaran sebagai proses pendidikan itu terjadi aktifitas mengajar (oleh guru) dan aktifitas belajar (oleh siswa),
    uMengajar dapat dimaknai sebagai upaya pengembangan potensi siswa.
  • Dalam proses pembelajaran, guru harus memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi dirinya, bukan sekedar menyampaikan materi pelajaran.
  • Di dalamnya juga termasuk penyampaian informasi, dan pembentukan namun proses tersebut dikemas dalam pengembangan , dan berpusat pada siswa. Siswalah yang harus mengembangkan potensinya sendiri, guru hanya memfasilitasi. Karena pendidikan berbentuk proses pembelajaran.
  • Dalam menumbuh kembangkan potensi siswa, guru dalam pembelajaran harus memahami prinsip-prinsip pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar